Sesaat Sebelum Mati

Persib 2:3 Persija, Dewasalah Persib

Minggu 20 Juli 2008, bertempat di Stadion kebanggan urang Bandung, Sang Maung beraksi memperlihatkan kehebatannya berduel dengan kesebelasan Persija Jakarta. Banyak juga yang memprediksi klo pertandingan ini bakal berjalan rame, katanya sih musuh bebuyutan gecho lho..

Baru aja jalan 80-an detik, kang Zaenal Arif udah bikin bobotoh seneng, termasuk simkuring yang nonton di rumah. Kepikiran juga tuch klo Persib bakal ngamuk kek lawan Persela minggu kemaren. Ternyata Persija kuat mental euy terbukti dimenit 10 ngebales lewat pemaen asingnya, Abanda Herman. Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Ada beberapa kejadian yang mungkin menarik buat dibahas. Pada ngliat ga kaos si Bastos, itu emang sengaja ga dikasih nama atawa kumaha, ampe akhirnya di babak kedua maksakeun pisan ditempel pake double tip. Selebihnya mengenai pergantian pemaen yang dilakukan oleh akang Jaya Hartono.

Suwita Pata out Hariono in

Rasanya coach pengen banget mengulang keperkasaan Persib saat menumpas Persela, terbukti dengan mengganti Suwita Pata yang notabene adalah deffensive midfilder dengan memasukkan Hariono yang lebih bermental menyerang. Tapi fatal neh -menurut saya lho- karena Eka Ramdani yang menggila di babak pertama jadi kehilangan teman yang dapat diandalkan untuk menahan serangan balik. Terbukti babak kedua Eka mati kutu karena harus bolak balik menyerang dan ikut bertahan.

Lorenzo Cabanas out Salim in

Klo ini sih masih sependapat lah. Saya ngeliat pergerakan Cabanas emang cukup membahayakan Persija, namun kontribusinya untuk tim bisa dikatakan kurang. Lebih banyak membuang peluang daripada memanfaatkannya, pokoknya buru-buru banget deh maennya.

Zaenal Arif out Atep in

Nah ini dia, coach nampaknya ingin mengembalikan posisi awal dari Hilton Moriera sebagai striker, dan Atep sebagai sayap kanan. Tapi apa ga terlambat ya? Entahlah yang pasti kang Jaya lebih ngerti dari saya yang cuman penikmat sepakbola.

Menjelang akhir pertandingan oknum bobotoh mulai deh merusak pertandingan yang saya pikir indah untuk ukuran sepakbola di Indonesia. Padahal sebelum penalti yang gagal itu, saya ngomong “wah bagus neh kek gini meskipun kalah tapi penontonnya ga rusuh”, eh eh eh ternyata..

Plis donk… udah pada gede… DEWASALAH PERSIB

Di dalam sebuah kesebelasan atau bisa dikatakan klub sepakbola terdiri dari 3 elemen penting:

  1. Manajemen klub, ini termasuk pelatih dan atasan-atasannya. Pihak ini sudah berupaya sedemikian rupa buat bikin Persib berjaya lagi dimusim ini dengan menggondol beberapa pemaen besar. So jangan ada pendapat klo pihak manajemen ga serius nanganin Persib
  2. Pemain, di musim lalu banyak sekali pemain yang gampang kepancing emosinya, tapi kemaren, dipertandingan yang sebesar kemaren, hampir tidak ada ungkapan emosi yang berlebihan dari pemain baik lokal maupun asing. That’s right, pemain pun udah berupaya ngasih kemampuan terbaiknya buat Persib
  3. Pendukung a.k.a bobotoh tea, bukan cuman Viking ato Bomber pokoknya semua orang yang ngedukung Persib. Saya rasa golongan inilah yang belum cukup berpikir dewasa buat ngerti klo yang namanya maen itu pasti ada kalah n ada menang. Juga ga mungkin Persib menang terus-terusan meski di kandang sendiri.

Klo ngerasa keputusan wasit yang merugikan, alangkah lebih baik jika setelah pertandingan Persib mengirimkan wakilnya ke Komdis Liga Super untuk ditindak lanjuti. Bukan malah merugikan Persib sendiri. Lihat kerusakan yang ditimbulkan di stadion Siliwangi, belum lagi di jalan-jalan, bahkan ada temen yang cerita klo di daerahnya (Dayeuh Kolot -red) beberapa bobotoh tanpa alasan yang jelas merusak mobil yang melintas dan kebetulan berplat B. Gila…

Apa masih kurang berpikir juga sanksi yang akan diterima Persib akibat kelakuan yang tidak bertanggung jawab tersebut. Kan, ga ada untungnya, ruginya yang banyak

Ayolah buat sesama bobotoh, saya juga kesel Persib kalah. Tapi mari kita sama-sama mencoba untuk dewasa dalam menyikapi kekalahan. Mulai sekarang, kita bertindak menggunakan hati dan pikiran, bukan lagi bambu runcing, tos teu jaman atuh dulur….HIDUP PERSIB

July 21, 2008 - Posted by | Opini

16 Comments »

  1. Wah,,,,
    Baru Liat bLognya ruli,,,
    Betul banget tuch,,,
    Aq nonton pertandingannya,,,
    Kok Rusuh banget gitu,,,
    Coba seandainya semuanya bisa berakhir dengan damai ^_^

    Comment by vie87 | July 21, 2008 | Reply

  2. huhuhu..
    iya vie, sering2 mampir ya…

    mudah2an aja ke depannya bisa saling menghargai ya..

    Stop Anarchi, Just Good Football

    Comment by Rully Patria | July 21, 2008 | Reply

  3. wah, menyebalkan rul, gw mah kelupaan mau nonton di rumah teh, padahal udah ancer-ancer dari sorenya😦

    eh, pas baca koran tadi pagi… beuh, kuciwa saya, ternyata masih ada aja oknum bobotoh yang belum bisa berbesar hati klo persib kalah…

    Comment by ry | July 21, 2008 | Reply

  4. Ok Dech,,,
    Mampir tempat aq juga ya ???
    Nonton Persipura Jayapura dan PSM Medan ga ???
    Itu keren pertandingannya ???🙂

    Comment by vie87 | July 22, 2008 | Reply

  5. @ry
    nya kitu euy.. semoga kita sebagai bobotoh bisa sama-sama belajar dewasa…

    @vie
    mampirnya ke mana vie soalnya ga ada linkna…

    Comment by Rully Patria | July 22, 2008 | Reply

  6. Kalo persepakbolaan gak gitu ngerti…
    Kalo pemain tennis aku sukaaa bgt, dan ngefans ma Roger federer, tp sayang kemarin dijatoin ma Nadal… hikssss..

    Comment by Rita | July 22, 2008 | Reply

  7. ui,, oot dikit,, emang pake browser apa kak?? gw buka di mozilla dan ie bisa kok.. ada ajaxnya dikit…

    persib kalah ya kemarin.. hehe,, ga nonton..🙂

    Comment by scratchz | July 22, 2008 | Reply

  8. @Rita
    waduh klo tenis paling liat mukanya Maria Sharapova doank..😛

    @scratchz
    iya tuch ga bisa linkna, pake Firefox 2.0

    Comment by Rully Patria | July 22, 2008 | Reply

  9. semoga musim ini lebih baik daripada yg kemarin…walau bukan penggemar persib, temen2 sy kebanyakan bobotoh. secara gituloh, warga bandung. Sy penggemar psms…dan semoga kali ini persib masuk final…masalahnya persib udah kelamaan absen tuh di final🙂 sukses yo!

    Comment by uwiuw | July 24, 2008 | Reply

  10. Jika Viking di “Dzalimi” Kami seluruh warga BONEK siap membantu..

    Salam Satu hati..!!!

    Comment by Aditcenter | July 25, 2008 | Reply

  11. @uwiuw
    sip… doanya di tampung..😛
    moga2 Persib jangan cuman ke Final.. tapi rebut Piala Liga Super Pertama !!!
    -Persib nu Aing-

    @Aditcenter
    wah jangan gitu donk Kang…
    kalah kan biasa, yang luar biasa itu klo kita bisa belajar dari kekalahan. Membantunya lewat menyajikan pertandingan yang berkualitas aja Kang..

    Salam dari Bobotoh yang Tidak Suka Kekerasan…

    Comment by Rully Patria | July 27, 2008 | Reply

  12. Maksud saya bukan begitu.. Kita tidak ingin ISL rusuh lagi..

    kami warga BONEK siap jadi Mediator dalam permasalahan yang dihadapi Saudara kita……

    Comment by aditcenter | July 27, 2008 | Reply

  13. @aditcenter
    ohHh.. maafkan klo salah mengerti..
    siap deh Kang…
    Jauh lebih enak nonton bola klo ga rusuh..😛

    Comment by Rully Patria | July 28, 2008 | Reply

  14. Wah..gini aja deh..
    Gw pendukung berat Persija..apalagi yang garis keras..di Tanah Abang.
    Dulu pendukung persib selalu bilang kalo gara2 the jak,mereka ga mau damai mpe sekarang.

    Tapi sekarang mereka malah mulai..padahal kalo yang ngerti sepakbola,harusnya tau siapa yang di”ZALIMI” wasit..
    Lucunya,waktu rusuh,dengan entengnya dibilang oknum..
    80% penonton rusuh masih mau dibilang oknum??

    Sadar lah..kita udah dewasa..
    Apa lw semua nonton ke stadion cuma buat nyanyi ama ikut rusuh doank?…peace sebelumnya

    Comment by Uray | September 12, 2008 | Reply

  15. @Uray

    Salam kenal Kang..
    setuju sama Akang, siapa pun yang merasa suporter klub manapun sudah sepatutnya belajar dewasa demi kemajuan klub, bukan malah bertindak anarki yang akhirnya merugikan klub itu sendiri..

    saya sendiri berharap bobotoh Persib bisa bersahabat dengan suporter manapun tak terkecuali Persija dengan The Jacknya. Dipihak manajemen bobotoh dan The Jack sebenarnya sudah berkali-kali diadakan agenda perdamaian ini (CMIIW), namun nampaknya belum semua(sebagian besar) bobotoh bisa menanggapi hal ini dengan kedewasaan..

    klo suporter bisa damai, sepakbola kita pun bisa kok seperti negara lain yang menampilkan sepakbola keindahan. BUKAN GLADIATOR.

    Hatur Nuhun Kang Uray

    Comment by Rully Patria | September 13, 2008 | Reply

  16. ayo persib maju terus pantang mundur

    Comment by variasi JIP | February 22, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: