Sesaat Sebelum Mati

Jika Aku Menjadi : Walikota Bandung

Tanggal 10 Agustus nanti, segenap warga Bandung akan memilih secara langsung siapa tokoh yang memimpin Bandung. Berikut para calon walikota yang kini sedang ‘bertempur’ meraih simpatik warga.

Saya tidak akan melakukan justifikasi dengan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan setiap calon, karena saya percaya warga Bandung yang lain jauh lebih pintar dari saya dalam menentukan pemimpin kita nantinya. Siapa pun pemenangnya, diharapkan dapat membawa Bandung ke arah yang lebih baik.

Naha geuning kitu pamingpin teh?” (Kok gitu ternyata pemimpin kita?)

Ku naon Bandung teuh jadi kieu?” (Mengapa Bandung jadi seperti ini?)

Mana jangji basa kampanye kamari?” (Mana janji sewaktu kampanye?)

Daftar pertanyaan di atas sering kali terlontar saat pemimpin yang kita pilih ternyata tidak sesuai dengan harapan. Namun menyesal pun sudah terlambat saat itu. Maka, sebelum menyesal dikemudian hari, saya mencoba untuk berangan-angan apa yang akan saya lakukan jika saya menjadi walikota Bandung periode 2008-2013. Mudah-mudahan menjadi doa yang dapat disampaikan pada para calon pemimpin kita. Perlu diingat, angan saya hanya berdasarkan pada apa yang saya lihat dan rasakan dengan kondisi Bandung saat ini, tentu tanpa memperhitungkan statistik dan segala permasalahan yang mungkin sengaja dibuat sesungguhnya di lapangan.

Pencemaran Udara

Masih berbekas dengan jelas di ingatan saya, dingin dan segarnya udara Bandung sehingga tiap kali saya pulang (hingga 4 SD saya bemukim di Tangerang) ke kota ini, jaket adalah perlengkapan penting menjelang tidur. Namun sekarang, apa Anda menyaksikan acara audisi Indonesia Idol beberapa waktu lalu yang disiarkan secara langsung, ketika itu dengan lantangnya sang pembawa acara berkata “Ternyata Bandung panas ya” dan pasangannya pun menjawab “Banget!!“. Padahal waktu saat itu baru menunjukkan pukul 8 pagi. Berikut langkah akan saya lakukan untuk mengembalikan kesegaran udara di Bandung:

  • Melakukan uji emisi terhadap semua jenis kendaraan (terutama angkutan umum -baca:BIS-) secara berkala. Dan hukuman untuk yang tidak lulus, ada dua pilihan: peremajaan atau larangan pengoperasian
  • Larangan merokok di angkutan umum, yang kemudian akan dikembangkan menjadi larangan merokok ditempat umum setelah pembangunan tempat-tempat khusus merokok (baca:bilik bebas merokok) selesai

  • Pengembalian fungsi daerah resapan air, jika Anda perhatikan banyak sekali taman-taman kota yang dibangun, tapi tidak jelas manfaat yang ingin dicapai, lihat taman Cikapayang, taman Pramuka, taman Telkom, adakah Anda merasa nyaman berada disana? Dari sedikit taman kota yang dapat menjadi resapan air ada taman Cilaki, taman Maluku, Taman Ganesha namun kondisinya memprihatinkan dengan sampah menjadi hiasannya. Dan bagaimana dengan pepohonan di daerah Dago atas hingga Lembang, tanyakan kepada para pengembang property yang membabi-buta menggantinya menjadi lapisan semen

Kebersihan Kota

Sejak tragedi Leuwigajah -sebagai bukti ketidakseriusan menangani sampah- yang sangat memilukan, Bandung tidak lagi memiliki ‘tempat sampah’ untuk menampung hasil dari ‘keserakahan‘ warganya. Hal yang sering dilupakan orang adalah, sampah itu komoditi, peluang usaha dan dapat menjadi sumber devisa daerah yang tidak sedikit. Syaratnya, kelola dengan baik.

  • Penyediaan tempat sampah di jalan-jalan kota. Pernah saya membawa sampah bekas minuman dari daerah Dayeuh Kolot (Bandung Selatan) dengan niat membuangnya di tempat sampah yang tersedia sepanjang perjalanan pulang. Dan saya baru berhasil menemukannya (tempat sampah -red) di rumah saya di daerah Sukamiskin (Bandung Timur). Cara penyediaan tempat sampah ini bisa dikatakan mudah, lakukan kerja sama dengan sponsor (mulai dari produk sabun kebersihan kulit hingga produk rokok), dimana mereka menyediakan tong sampah yang berisi promosi untuk menggunakan produk tersebut. Iklan untuk mereka dan kebersihan untuk kita. Jangan lupa bahwa jenis tempah sampah ini dibagi menjadi dua bagian, untuk sampah organik dan sampah anorganik
  • Pemberdayaan usaha daur ulang, seperti saya sebut sebelumnya, sampah adalah komoditi. Setelah pengadaan tempat sampah, saya akan melakukan sosialisasi pada masyarakat pentingnya membagi sampah organik dan anorganik dan menjelaskan bahwa sampah bisa menghasilkan uang. Detail pengolahannya seperti ini, atau ini.
  • Pangbersihna Award (penghargaan daerah terbersih). Setelah pembelajaran, saya adakan kompetisi daerah terbersih, cakupannya dapat per-kelurahan untuk meningkatkan rasa memiliki di setiap diri warga Bandung. Bandung Milik Kita, bukan Hanya Kamu dan Saya.
  • Mendukung penuh komunitas cinta Bandung. Menjaga dan memelihara Bandung bukan hanya tugas pemerintah. Bandung kotor bukan hanya salah walikota, oleh karena itu saya akan mendorong komunitas-komunitas yang ada untuk lebih terlibat memelihara Bandung. Pemerintah sangat membutuhkan kaum muda seperti komunitas Batagor.net, para pemuda Karang Taruna, hingga komunitas bobotoh Persib untuk selalu memberikan kreasi dan inovasi demi kemajuan kota Bandung

Kualitas Sumber Daya Daerah

Penduduk kota Bandung yang berjumlah 3.210.982 jiwa 167,67 km² adalah sumber daya potensial yang dapat digali untuk memperbesar pendapatan daerah Bandung. Namun kondisi saat ini, sebagian besar dari mereka masih termasuk golongan konsumtif, hanya bisa meminta, menggunakan tanpa bisa menghasilkan. Oleh karena itu, saya sebagai walikota Bandung mencoba untuk ‘membangunkan’ potensi-potensi yang tersembunyi di tiap-tiap diri warga Bandung.

  • Urang Bandung Award, yaitu penghargaan yang diberikan pada warga Bandung yang berprestasi dan mengharumkan kota Bandung di bidang apapun. Salah satu episode Kick Andy mengenai sekelompok anak muda Bandung yang terkatung-katung di Eropa seharusnya tidak terjadi jika pemerintah memberikan perhatian khusus kepada para ‘pejuang‘ budaya ini, mengingat mereka membawa nama Bandung (Indonesia -red) melalui konser budaya angklungnya. Diharapkan penghargaan ini akan memacu semangat untuk dapat terus berprestasi.
  • Menonjolkan kembali kegiatan Karang Taruna. Pemerintah tidak dapat setiap saat memantau warga di daerah, disinilah karang taruna berfungsi sebagai tonggak kemajuan daerah, sarana aspirasi dan benteng pertahanan dari segala penyakit masyarakat seperti narkoba, miras, geng motor hingga perkelahian antar warga.
  • Pembenahan daerah wisata. Terdapat banyak sekali tempat wisata di Bandung. Untuk wisata alam ada Maribaya, Tangkuban Perahu, Situ Lembang namun masih kurangnya fasilitas pelayanan publik menyebabkan tempat ini relatif sepi dari pengunjung, terutama akes untuk masuk. Khusus Maribaya, untuk buang air kecil pun sangat agak sulit. Setelah melengkapi fasilitas serta mempermudah akses, promosi merupakan hal yang tak kalah penting, dan situs-situs seperti http://www.thebandung.com/, http://www.visitbandung.net/ harus dapat menjadi penarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.
  • Mendidik masyarakat produktif. Bukan mencarikan lapangan pekerjaan melainkan melatih warga Bandung agar dapat menciptakan lapangan kerja untuk dirinya dan orang lain. Perlu diperhatikan, saya sebagai walikota tidak akan menyediakan sekolah umum gratis, dan sebagai gantinya saya akan menjadi fasilitator untuk warga yang ingin menjadi pengusaha. Caranya, pelatihan bengkel untuk mereka yang gemar ngoprek kendaraan, penyuluhan bercocok tanam dan berternak untuk yang tertarik menggeluti agrobisnis atau bisa disalurkan ke usaha pengolahan sampah seperti disebut di atas. Satu yang saya gratiskan adalah buku membaca dan berhitung dengan membeli hak paten dari penulis untuk semua anak di kota Bandung.

Transparansi dan Kemudahan Birokrasi

Tindakan kejahatan dapat terjadi karena ada kesempatan, begitu slogan salah satu acara di televisi. Ini juga yang mendorong saya untuk melakukan transparansi birokrasi, nantinya semua warga dapat ikut menyaksikan maju mundurnya kota Bandung tercinta ini. Intinya tidak ada kesempatan untuk korupsi.

  • Kemudahan Birokrasi. Zaman dimana kita menghabiskan waktu untuk mengurus dokumen kemasyarakatan sudah harus ditinggalkan. Ide seperti ini yang bertujuan memutus rantai birokrasi yang terlalu berbelit-belit perlu diangkat, juga keberhasilan POLRI melalui sistem jemput bola (dalam hal pengurusan surat kendaraan) dan kebijakan satu atap Dirjen Pajak akan saya terapkan secara bertahap di birokrasi kota Bandung.
  • Transparansi birokrasi. Saya bertekad membangun sistem penghubung antara walikota dengan lurah, camat, kepala desa, ketua rw bahkan ketua rt agar dapat mendengarkan secara langsung pendapat mereka mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah daerah. Caranya cukup sederhana, hanya dengan teknologi SMS Gateway. Setelah data tiap pemimpin wilayah tersebut disimpan, maka ketua rt pun dapat menyalurkan pendapatnya ke SMS center yang akan dipantau tim khusus di bawah wewenang saya langsung. Masih kurang, di hari Sabtu terakhir setiap bulan akan diadakan open house di kantor walikota di mana semua lapisan masyarakat dapat hadir dan tentunya akan ditayangkan secara langsung oleh salah satu televisi lokal seperti TVRI Bandung, Bandung TV, STV, MQ TV. Diharapkan peran media ini dapat turut menciptakan warga Bandung yang kritis, dinamis dan mandiri.

Demikian angan saya jika menjadi walikota Bandung, khususnya periode 2008-2013 ini. Apabila ada hal-hal yang dianggap impossible, mari kita sama-sama berusaha untuk menjadikannya mungkin. Untuk angan yang tidak relevan, mohon dimaafkan karena itulah yang saya rasakan dan inginkan untuk kota Bandung. Dan yang terpenting, bila ada angan yang lebih membanggakan (bukan berarti saya membanggakan) silahkan diutarakan agar calon pemimpin kita mengetahui kita bukan hanya dari tatapan kita saat mereka kampanye, tapi tahu benar apa yang kita harapkan.

*Sebuah harapan dari seorang warga Bandung*

August 3, 2008 - Posted by | Opini, Pengalaman Hidup

47 Comments »

  1. […] & Video Capture News » News News Jika Aku Menjadi : Walikota Bandung2008-08-03 06:59:16… setiap bulan akan ditayangkan secara langsung oleh salah satu televisi lokal […]

    Pingback by ONN.tv Analyzes Single Stock Futures and “Hard to Short” Stocks ... · | August 3, 2008 | Reply

  2. waaaw.. sungguh komprehensip. Elo aja deh yang jadi walikotanya rul😀

    Comment by Sigit | August 3, 2008 | Reply

  3. Wah, wah, wah.. banyak juga.. jadi males bacanya.😐

    Comment by Boggie Wonderland | August 4, 2008 | Reply

  4. sungguh edan.. gw mah dah apatis sama pemerintah. Siapapun yang kepilih, bullshit!!

    Comment by bacotchaoz | August 4, 2008 | Reply

  5. rul, mun kamu keur masa kampanye pang bejakeun ka simpatisanna: ulah nempel spanduk, poster, baliho, stiker dimana wae, ulah nyieun bandung leuwih riweuh jeun teu asri.

    Comment by ry | August 4, 2008 | Reply

  6. saya bole ikut milih ngga ya ???

    Comment by realylife | August 4, 2008 | Reply

  7. okeh..klo lo emang niat gw dukung…

    *jitak dulu ah*

    asal ada income ke gw nya..

    ha ha ha

    kaboeeeeeeeeerrr…….

    Comment by sososibuk | August 4, 2008 | Reply

  8. wah…😀
    emang gak bkalan mudah jadi walikota, wali nikah aja belom😀

    Comment by afwan auliyar | August 4, 2008 | Reply

  9. Saya doakan Anda tidak saja bermimpi tapi mimpi Anda itu menjadi kenyataan.

    Saya yakin siapa pun kita dari mana pun kita, bila kita menetap di Kota Bandung tentu saja kita ingin agar Kota Bandung ini menjadi kota yang nyaman untuk di tinggali.

    Saya sangat setuju dengan langkah-langkah Anda, dan beberapa sudah di implementasikan, beberapa dalam Tahap perencanaan, beberapa dalam tahap wacana. Tapi pada intinya kami memiliki keinginan, komitmen yang sama dengan Anda, untuk Bandung kita tercinta. Pada tataran ide/gagasan memang kita bisa berbicara atau berangan-angan seluas mungkin. Akan tetapi pada tataran perencanaan dan implementasi, banyak sekali kendala dan halangan yang kita temui sehingga tidak semua gagasan kita dapat kita realisasikan.

    Salah satu kendala kita adalah kesadaran kita, masyarakat dan aparat warga Kota Bandung. ”Kesadaran” yang dimaksud disini adalah pemahaman akan dampak dan akibat yang kita peroleh bila kita melakukan sesuatu. Kesadaran ini berkaitan erat dengan tingkat kesejahteraan, dimana kesadaran dan kesejahteraan dianalogikan seperti ayam dan telur, mana lebih dulu. Sebagai contoh adalah peraturan, peraturan di buat untuk masyarakat agar teratur dan tertib, perlu kesadaran dari masyarakat untuk mematuhinya dan ada kesadaran dari aparat untuk menegakannya. Sehingga dampak dari aturan tersebut akan terwujud. Kenyataannya pada saat ini atas dasar kurang sejahtera, maka aturan dilanggar dan aturan tidak ditegakkan. Usaha-usaha pemenuhan kesejahteraan mengalahkan pemahaman akan dampak dari tidak diikutinya suatu aturan atau tidak ditegakkannya suatu aturan. Maka aturan tersebut menjadi mubazir dan sia-sia.

    Kita harus secara simultan membenahi kedua hal ini, sehingga segala rencana dan program yang baik-baik, yang Anda dan kita angankan dapat terwujud. Berbagai disiplin ilmu perlu kita manfaatkan untuk mencapai hal tersebut. Diperlukan taktik dan teknis pendekatan yang ampuh agar waktu pencapaianya dapat dipersingkat mungkin. Hal ini yang diperlukan oleh seorang pemimpin yang tentu saja akan Anda pilih dalam waktu dekat ini.

    Banyak program-program yang bagus tidak dapat dijalankan karena terkendala pada hal-hal tersebut di atas. Dalam hal ini pembinaan sumberdaya manusia baik dalam tingkat pendidikan maupun mentalitas masyarakat dan aparat perlu ditingkatkan.

    Masalah Sampah.
    Inti dari permasalahan sampah di Kota Bandung adalah volume sampah perhari sangat tinggi dan terbatasnya lahan di Kota bandung. Kedua kenyataan tersebut perlu diatasi dengan metoda pengolahan sampah dengan kecepatan tinggi. Pada saat ini yang sedang di kaji adalah PLTSa yang kemudian hari akan dipadukan dengan metoda 3R (Reduce, Recycle, Reuse). PLTSa diprioritaskan karena dapat mengolah sampah dengan cepat, sedangkan metoda 3R memerlukan partisipasi dan kesadaran masyarakat yang cukup tinggi.

    Seorang pemimpin tentu tidak bisa bekerja sendiri, dia membutuhan dukungan dan tim yang solid untuk bisa merealisasikan ide-idenya. Saya hargai angan-angan cemerlang Anda, mari kita berjuang untuk meningkatkan tingkat kesadaran dan kesejahteraan warga Bandung sehingga kita dapat merealisasikan ide-ide kita dengan lebih mudah..
    Salam,

    Comment by rosadadada | August 4, 2008 | Reply

  10. @Sigit
    klo saya ga jadi walikota pun setidaknya doa saya terkabul (amin)😛

    @Boogi wonderland, bacotchaoz
    tong kitu atuh Kang.. urang kudu kritis. Jangan hanya bisa mencela dibelakang😀

    @realylife
    Salam kenal dari ‘urang Bandung’ Kang, klo ada kesempatan bisa neh blogger Bandung ma Sumut kopdar bareng

    @shelly
    wakakk hm… mental kek gini neh yg bikin korupsi ga pernah ilang hihihiii..

    @rosadadada
    Terima kasih atas jawabannya. Saya sangat menghargai tanggapan seperti ini. Semoga siapa pun yang menjadi pemimpin saya (Bandung) bisa menjadikan Bandung lebih baik.

    @calon walikota lain
    Saya tetap menunggu tanggapan Anda terhadap angan saya. Mari kita berdiskusi tanpa mengikutsertakan ‘keinginan untuk menang’ namun berlandaskan pada keinginan memajukan Bandung.

    Comment by Rully Patria | August 4, 2008 | Reply

  11. Mimpi yang sempurna untuk jadi Walikota……

    Comment by duta | August 4, 2008 | Reply

  12. beneran tuh yang bikin komennya dada?

    gileee rully..
    analisis luar biasa…
    lo aja deh yg jadi walkot…

    btw, kenapa ga ada sekolah gratis? alasannya?

    Comment by rani! | August 4, 2008 | Reply

  13. kayaknya bener dech,,,,,liat aja bahasanya…..formil banget ga???(ga yach)..hehehehe
    kenapa ga adda sekolah gratis????kayaknya di atas udah di jawab dech….coba baca lagi…heheheheheehe

    Comment by duta | August 4, 2008 | Reply

  14. @duta
    Salam kenal Kang..

    @rani
    Udah dijawab Kang duta..😀

    Comment by Rully Patria | August 4, 2008 | Reply

  15. aku ke bdg nya masi tgl 22, ga sempet deh ikutan milih ihihhihih

    Comment by fenny | August 4, 2008 | Reply

  16. wogh, daku pilih ente aja rul jadi walikotanya😀

    Comment by Fauzan | August 4, 2008 | Reply

  17. gileeee…di comment sama calonnya langsung lho….

    huebat beneur…..

    okey…

    VOTE lah langsung buat kamuh..😀

    Comment by RuleZ | August 5, 2008 | Reply

  18. @fenny
    wah Teh… ayo nyoblos2.. biar suaranya ga percuma😀
    KTP bandung kan, Salam kenal

    @ujan, RuLez
    Lagi ngumpulin massa dulu sebagai syarat jadi calon walikota😀

    Comment by Rully Patria | August 5, 2008 | Reply

  19. Ho3x… Gw pilih ente dul, jd walikota. tp syng diriku tinggal di kabupaten bdg. KLo jd bupati mau ngga??

    hak3x

    Comment by obie_san | August 6, 2008 | Reply

  20. Aku pilih kamu Rul..😀

    Tidak salah klo putra daerah punya cita2 yg mulia.

    Walaupun saya cm numpang hidup disini, walau saya bukan Putra aseli bumi parahyangan,tp sangat ikut trenyuh jg dgn keadaan kota bdg skrg,smoga keinginan mulia diatas bisa diimplementasikan oleh kita semua..

    Smoga!!

    Btw, km pengin di coblos apanya? Dadanya? Kumisnya? ato apanya, hehehe…

    Comment by abah | August 6, 2008 | Reply

  21. Siapapun itu (asli Bandung atau pendatang), yg pasti yg tinggal d Bdg utk saat ini,,, mengaharapkan bukan hanya janji, tapi bukti yang kami tunggu dari para calon pemimpin! (berat memang dan ini yang pasinya sudah mereka pertimbangkan sebelum bertanding)

    Comment by Ihwan | August 6, 2008 | Reply

  22. kalo gue jadi walikota…

    ugh, ngebayanginnya aja udah lucu banget apalagi kalo udah kejadian

    bisa hancur kota Bandung tersial eh tercinta ini

    Comment by senny | August 6, 2008 | Reply

  23. ugh, lagi-lagi link gue nggak kluar
    bluestockin.wordpress.com

    Comment by senny | August 6, 2008 | Reply

  24. @obie
    wah ga terlalu kenal wilayah kab. Bandung, kan klo ga kenal maka susah untuk menjadi sayang😀

    @abah, Ihwan
    Yupz..semoga Bandung bisa jauh lebih baik.
    Salam kenal Kang Ihwan

    @senny
    Jadi staf aja Sen,
    Staf Ahli Urusan Curhat Masyarakat😀
    Buat link coba edit profil trus isi kolom website ama blogmu http://bluestockin.wordpress.com (udah blum?)

    Comment by Rully Patria | August 7, 2008 | Reply

  25. rully mah emang keren lah, salut deh,,,
    ga nyangka deh ternyata seorang rully sangat peduli sekali terhadap kota Bandung,,,terus maju pantang mundur rull, mari kita majukan kota Bandung🙂

    jangan lupa ngerjain komplen jg ya rull, biar komplen kita gak numpuk, tapi aku percaya ama rully mah lah, rully mah rajin ngerjain komplen kok,,,:)

    Comment by Yeti | August 7, 2008 | Reply

  26. cie….gaya bgt angan2nya rull
    jadi semangat bwat milih kmu jadi walikotanya:-)
    walau amy rumahnya di kab. bandung, amy harep semoga kab. bandung juga jadi ikut kena imbas yg bae dari angan2mu itu y..;p
    semoga angan2 itu g sebatas angan2 doang tapi bisa diwujudin untuk kota bandung yg sdh terkontaminasi ini, amien.
    keren juga commentnya dapet dari calon walkot dada rosada,,,
    asli tuh??
    hehehehehe

    Comment by amy | August 7, 2008 | Reply

  27. sip..sip..

    mantap.. smoga saja kelak pas kak rully nyalon jadi walikota. saya masih ada di bandung..😀
    saya dukung deh..

    tapi kembali lagi ke pertanyaan awal! jangan sekedar janji ya!!!😀

    Comment by scratchz | August 7, 2008 | Reply

  28. duh sya pilih siapa yah.., awal nya kebanyakan janji-janji duank nanti kalo udah kepilih lupa deh sama visi dan misi nya hehhehe…😛

    Comment by harianku | August 8, 2008 | Reply

  29. Kalo gitu saya pilih mas aja deh jadi walikota Bandung😀

    Comment by Paman Gober | August 8, 2008 | Reply

  30. Pemikiran-pemikirannya sangat menarik. Kalau yang menang adalah orang yang saya percaya dan saya kenal baik, pemikiran-pemikiran positif ini akan saya bantu sampaikan.

    Salam dari Bandung Utara

    Comment by AA Arman | August 8, 2008 | Reply

  31. Gileee abisss…
    Kalo lu ga jadi walikota sekarang, ya 5 tahun lagi deh!

    Comment by creativesimo | August 8, 2008 | Reply

  32. Wah2……..ide2-nya serius nih.

    Comment by maramis | August 8, 2008 | Reply

  33. pokonya mah pilih dengan akal sehat dan hati nurani..
    klo mo golput mendng dateng ajah ke tps dan nyoblos 33nya.. dari pada dibiarin kosong ntar di manipulasi KPU!!

    Comment by Adit | August 8, 2008 | Reply

  34. gak nyoblos euy…. jauh…. huhhu… hidup persib lah pokokna mah

    Comment by ichanx | August 9, 2008 | Reply

  35. @Yeti,amy,scratzh,Paman Gober,creativesimo,maramis
    hatur nuhun akh.. ga jadi walikota juga yg penting dah nyumbang ide buat kemajuan kota Bandung, itu kan yg penting..😀

    @AA Arman
    Hatur nuhun Kang, siapa pun yg menang saya harap bisa terbuka dengan aspirasi semua warga

    @Adit,ichanx
    yupz jangan Golput, sayang klo sampe disalahgunakan suara kita

    @ALL
    Makasih responnya. Hari ini pemilihan sedang berlangsung
    Mohon doa dari semua demi Bandung yang LEBIH BAIK. Amin.

    Comment by Rully Patria | August 10, 2008 | Reply

  36. kalau saja semua walikota terpilih ber fikir seperti anda mungkin rakyat akan senang mas😀
    salut2
    Sukses selalu

    Comment by Gelandangan | August 10, 2008 | Reply

  37. klo gw milih yg punya anak manis aja ah… hue…he…

    Comment by Masenchipz | August 10, 2008 | Reply

  38. maka aku akan mendukung mu.. hehehehe..

    Comment by thegands | August 10, 2008 | Reply

  39. calonin diri aja…
    saya mendukung dari sene…

    Comment by My | August 10, 2008 | Reply

  40. @Gelandangan, thegands
    makasih Kang, tapi masih banyak kok Kang yg punya pikirin jauh lebih baik dari saya di luar sana..

    @Masenchipz
    hah anak manis?? yg mana tuch.. masih sempet brubah pilihan ga ya…😀

    Comment by Rully Patria | August 10, 2008 | Reply

  41. td gue pilih nomer 3… nggak tau kenapa mendadak pengen nyoblos nomer 3 aja…

    bangga gt gue akhirnya bisa memilih!

    Comment by senny | August 10, 2008 | Reply

  42. KABAR BURUUUUUUUUKKKKKKKKKK!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    DADA ROSADA MEANANG TELAK……..

    BANDUNG AKAN TETAP GELAP GULITA, PENUH SAMPAH, DAN PENUH ANARKI OLEH PENDUKUNG PERSIB UNTUK 5 TAHUN KE DEPAAAAAAAANNNNNN…!!!!!!!!!!!!!!!!

    Comment by Sigit | August 10, 2008 | Reply

  43. @Rully Patria :
    pikiran emang lebih baik, tapi belon tentu hatinya lebih baik…

    Comment by thegands | August 11, 2008 | Reply

  44. Ahhh… sayang, jagoan saya kalah…

    Walaupun saya bukan warga Bandung, tapi entah mengapa pilwlkot ini begitu menarik hasrat saya untuk mengetahuinya….

    Comment by aditcenter | August 12, 2008 | Reply

  45. […] GOLPUT memang sebuah pilihan, namun dari sudut pandang seorang Rully bagja Patria itu adalah sebuah pilihan PENGECUT. Pilihan dari manusia-manusia yang terlalu takut salah, tidak memiliki keberanian, apatis, individualis dan egois. Golongan inilah yang akan berada paling depan untuk menghujat saat pemimpin terpilih ternyata tidak sesuai harapan. […]

    Pingback by GOLPUT sama dengan PENGECUT « Sesaat Sebelum Mati | August 17, 2008 | Reply

  46. wah mantap neh..

    Comment by imanpotter | August 28, 2008 | Reply

  47. artikel yang bagus, nepangkeun abdi Sandy.

    Comment by sandy | October 20, 2008 | Reply


Leave a Reply

