Sesaat Sebelum Mati

FLEXI Lebih Butuh Konsistensi ketimbang Inovasi

Surat Pelanggan:

Cuma FLEXI yang bisa BEGINIIIII

Ada yang belum pernah mendengar iklan FLEXI dengan jingle seperti di atas?

Baru-baru ini salah satu operator CDMA besutan Telkom, Flexi, memberikan promo berupa bebas biaya telepon antar sesama pengguna Flexi di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Tujuan dari promo ini sebenarnya sudah dapat ditebak. Pertama, apalagi jika bukan untuk merebut pelanggan baru. Pertanyaan yang muncul di benak saya, pada iklan Flexi tersebut tidak dicantumkan batas berlaku dari acara gratisan ini, nah apa benar akan berlaku selamanya? Apa Telkom sudah cukup untung dari sekadar biaya aktivasi pelanggan baru (pembelian kartu perdana -red)? Tujuan kedua bisa dicermati dengan akan datangnya bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri, mungkin –karena saya bukan pembuat kebijakan- manajemen FLEXI ingin menguji ketahanan dari sistem yang mereka punya. Tentu saja pelanggan akan berduyung-duyung menelepon sepanjang hari jika gratis bukan, berdasar dalil itulah pengujian dilakukan dengan metode stress point (tolong koreksi jika saya salah menggunakan istilah ini) apakah sistem saat ini mampu menampung beban pelanggan yang menumpuk disaat bersamaan.

Sinyal Naik Turun

Namun ada hal lebih penting yang sepertinya dilupakan oleh sang-pembuat-kebijakan, yaitu mempertahankan pelanggan. Saya pribadi selaku pengguna flexi agak sangat kecewa dengan kualitas sinyal yang saya terima. Sebagai informasi, saya bertempat tinggal di daerah Sukamiskin Bandung dari Cicaheum naek angkot Caheum-Cileunyi berhenti di Sindanglaya trus bilang aja ke tukang ojek mo ke rumah bagja😀 di mana sinyal flexi bak roller coaster Dufan yang naik turun ga karuan. Sinyal penuh hanya saat tidak digunakan, jika dipakai si sinyal ini seringkali bergerak ke level terendah dan dengan tak tahu malu memutuskan pembicaraan yang mungkin penting dari sang pelanggan yang mungkin setia ini.

Fasilitas Combo Error

Lain kasus saat saya ingin bertamasya -kamaaana atuh tamasya- ke Bekasi. Kali ini fasilitas combo yang menguji kesetiaan saya pada Flexi. Setelah ON 021 ke 777 tidak ada balasan, saya menelepon CSO dan mendapat jawaban bahwa fasilitas combo sedang tidak dapat digunakan untuk nomor yang saya pakai what, apa, naon!! seistimewa itukah nomor saya? dan akan dicarikan solusi secepatnya Nah, pas lagi asik-asiknya ngobrol sama CSO, si sinyal-tak-tahu-malu datang lagi memutuskan koneksi. Bukan level terendah Bung, melainkan status pencarian yang tertera. (Di tol Cipularang tidak begitu jauh dari pintu tol Kopo Bandung)

Flexitone

Saat mendaftarkan diri untuk mendapatkan fasilitas flexitone, saya menemukan keanehan lagi. Call ke *1212 saya memilih menu untuk pendaftaran baru dan berikut pesan yang saya terima:

“Sorry an Error has been **** this dial will be TERMINATED…”

penasaran, saya hubungi lagi CSO FLEXI yang berujar, “Kalo mas udah nerima pesan seperti itu, artinya pendaftaran Flexitone mas berhasil…”. Hm, salah satu strategi penarik minat pelanggan kah ini?

Sudah sebaiknya FLEXI lebih mementingkan konsistensi dengan menyempurnakan fasilitas demi kenyamanan pelanggan daripada sekadar menawarkan inovasi tanpa landasan fungsional utama yang kuat. Toh, pelanggan dapat menilai sendiri pilihan operator terbaik yang dapat memberi mereka kepuasan. Jika hal dasar seperti ini terpenuhi, niscaya inovasi seperti gratis biaya telepon, Fleximilis, Flexiland, Flexi Mesra dan inovasi lainnya akan menjadi pelengkap yang sangat menyenangkan.

(Ditulis semata-mata sebagai kritik untuk peningkatan kualitas FLEXI agar semakin dapat diterima oleh masyarakat)

August 26, 2008 - Posted by | Opini | , , , , , ,

46 Comments »

  1. Hohohohohohoho…………..

    Emang flexi bukan telpon biasa ya sesuai dengan tagline mereka. coba telpon biasa pasti ga bakal kayak gitu tuh.

    Btw emang flexi punya satu fitur baru namanya Call Drop..as far as i know.

    huiii ada mba Jupe😛 … Call Drop lah salah satu akibat dari sinyal yg ga stabil😦

    Comment by JuliA Perekz | August 26, 2008 | Reply

  2. Makasih untuk kritikannya ya🙂

    Sama-sama Kang.. emang Kang Kuncoro termasuk manajemen FLEXI?

    Comment by Koen | August 26, 2008 | Reply

  3. Tulisan bersifat komplain, tapi tidak emosional. Terima kasih utk sarannya.🙂

    Sama-sama Teh Anis, moga bisa diteruskan ke pihak ‘yg berwenang’ Teh… i luv FLEXI kok

    Comment by Anis | August 26, 2008 | Reply

  4. harusnya Call Drop pada CDMA sangat kecil terjadi dibanding GSM…

    itu artinya, sinyalnya dah parah banget :))

    yoi… ampe pencarian gitu prasaan rumah ane ga di pedalaman banget😦

    Comment by Adham Somantrie | August 26, 2008 | Reply

  5. udah biasa ah…
    mau operator mana saja, call drop jauh lebih tinggi sekarang2

    ya jangan jadi kebiasaan dunks Kang, pelanggan kan pengen yang nyaman

    Comment by rendy | August 26, 2008 | Reply

  6. tau nih flexi…g ada strategi marketingnya kale

    perlu ngerekrut Eric Meijer-nya Esia kah?😀

    Comment by kumanz | August 27, 2008 | Reply

  7. fleksi? ah tagihannya gak jelas… 😦

    hm.. ga jelas gimana Teh? baru tau neh.. pake FLEXI CLASSY ya?

    Comment by kucingkeren | August 27, 2008 | Reply

  8. itulah mengapa walaupun dikasih flexi.. walaupun gratis.. sampe sekarang aku belum pake :))

    sini sini.. buat daku… HP ato cuman perdana doank neh??

    Comment by Adham Somantrie | August 27, 2008 | Reply

  9. Dulu saya pake Flexy karena pacar [dulu] pake, pas putus saya buang jauh-jauh Flexynya…

    eh commentnya gak fokus yah saya🙂

    buat karyawan FLEXI.. deketin Teh Rindu neh biar jadi pelanggan lagi…😛

    Comment by Rindu | August 27, 2008 | Reply

  10. Akh, aku ndak pake flexi. Tapi kalo ada yg mo ngasih sih… boljug😉
    *lho koq, clamitan…*

    haree geneee gratisan??? ntar klo dapet minta!!

    Comment by silent reverie | August 27, 2008 | Reply

  11. wah… kritik yg bgus…..

    walopun dh punya starter pack ma vouchernya… lom gw aktifin juga tuch flexinya …. (HP nya lom da😀 )

    kirim sini vouchernya, buat nelepon GSM

    Comment by afwan auliyar | August 27, 2008 | Reply

  12. Aduh iya euy…jadi keinget…
    Lumayan dah lama juga pake flexi teh.
    Seinget sayah, emang iya nih belakangan rada2 suka bermasalah dengan koneksi yang tiba2 terputus atau combo yang ngga jalan.
    sms ke 777, tapi ngga ada responsnya.
    Kalau dah kelewat,terpaksa minta diaktifin di kota tujuan.
    Eh seringnya kebetulan sedang ada gangguan.
    Semoga ah lebih diperhatikan ya..

    tuch kan.. Moga diperhatikan, jangan ampe neh pelanggan setia kek Aki ini kecewa. Ntar kabur lagi.

    Comment by Aki Herry | August 27, 2008 | Reply

  13. Suka tuh kata2 yg terakhir.Tapi bener sih kadang orang berani bayar mahal untuk sesuatu yg penting.Sebagai alat komunikasi pastinya harus kembali ke arti komunikasi itu sendiri yaitu informasi sampai dengan baik dan benar di tempat tujuan hehehhe.
    Tapi rully kemarin teh ina survey ke BEC ternyata banyak yg beli Flexi, moga aja mereka ga kecewa kek rully.Klo ga HPnya rully buat teh ina aja deh,,😛

    mau nawar brapa?😛

    Comment by InA | August 28, 2008 | Reply

  14. Untung ga pake flexy hahahahahaha😀

    hayu atuh rasakan ‘bukan telpon biasa’ nya

    Comment by emfajar | August 28, 2008 | Reply

  15. Flexi ya?

    aduh kode 01 017 itulhoooo bikin sebel gak naymbung2… tapi kao tanpa 01017 pasti nyambung😀

    http://cantigi.wordpress.com/2008/08/19/ibsn-ibsn/#comment-697

    lagi gratisan mah ga perlu pake 01017 Kang..😀 satu lagi masukan buat manajemen FLEXI

    Comment by heri | August 28, 2008 | Reply

  16. woooh..saya bukan pengguna flexi om,,😀

    masih setia sama m3..

    tertarik nyoba?

    Comment by ika | August 28, 2008 | Reply

  17. semoga menjadi perbaikan flexi nih😀
    tarifnya beneran murah yakz?😀
    tapi sy masih setia pake starone 😀

    klo untuk tarif ga mengecewakan deh.. perbaikan di fungsi utama yg wajib

    Comment by aRuL | August 28, 2008 | Reply

  18. telkom.. dengarkan suara hati para pelanggan anda…😛

    yg komen di atas keknya ada orang Telkom.. moga diteruskan😀

    Comment by Myryani | August 28, 2008 | Reply

  19. Flexi? Emang ada yang lebih jelek? Hehehe

    waduh?!?

    Comment by Seputar HP | August 28, 2008 | Reply

  20. Ruullll…. Nasib Plekiku gmn nih,hahahah…

    Secara [belum] pernah gunain Pleksi, jadi blm tau fitur2 yg menjadi andalannya😀

    Jangankan sinyal yg sulit, beli HPnya aja masih salah,wakkakakak…

    cup cup cup.. sini sini tak bantuin buang HPnya

    Comment by abah | August 28, 2008 | Reply

  21. sya jga pngguna flexi, sbnrny sya sdh g’ betah pke flexy yg sinyalny naik-turun + biaya sms ke lain operator mahal bgt! (maklum, trmsuk pljar yg doyan smsan) tp mo gmna lgi… tmn2 sya sdah bnyk yg tau no. ini + sya jga mles gnti nomer. hhee…

    satu lagi kritik yg harus FLEXI perhatikan.. iya sih biaya ke operator lain sms n telp masih lebih mahal

    Comment by tifandhaluhzan | August 28, 2008 | Reply

  22. ga pake flexi:mrgreen: ….

    berminat?

    Comment by carra | August 28, 2008 | Reply

  23. gw jg gak make flexi Rull😀
    aw. masukan bagus buat para distributor flexi😀

    yupzz moga nyampe🙂

    Comment by Rita | August 28, 2008 | Reply

  24. yah…
    namanya juga strategi pemasaran..
    sebagai konsumen kita juga harus punya strategi penggunaan..

    gratis berhenti maka beralih?😛

    Comment by Odie | August 28, 2008 | Reply

  25. Kaga’ pernah pake FLEXI neh..😆

    wah.. Anda kurang beruntung klo gitu😛

    Comment by HeLL-dA | August 28, 2008 | Reply

  26. hohohohoho… untung ga pernah pake flexi.. hihihihi

    hmmm satu lagi yg kurang beruntung😀

    Comment by chic | August 28, 2008 | Reply

  27. hanya flexi yang bisa begini😀

    hahaha,.. nyanyi nih ye

    Comment by 1rw@n | August 28, 2008 | Reply

  28. Udah tenang sekarang kan? gak marah marah lagi …

    banting-banting hape itu udah masuk tingkatan marah ya?😛 ga kok Teh ga marah

    Comment by Rindu | August 29, 2008 | Reply

  29. saya juga pengguna fexi sejak tahun 2004. kadang kecewa kadang nggak.

    *nikmati aja yang ada

    dikasih murah kok protes.. hehee ga gitu juga kan?

    Comment by herdianto | August 29, 2008 | Reply

  30. saya pernah berlangganan flexi utk koneksi internet. wah, selain ngadad, juga sulit menghubungi operatornya. amblas deh duwit 1,5 jt saat itu, hehehehe ….

    wah masalah serius yang harus segera dikonfirmasi pihak FLEXI neh…

    Comment by Sawali Tuhusetya | August 29, 2008 | Reply

  31. iya di daerah gemuk itu.. si perusahaan plat merah untuk urusan SI DE EM A masih kalah ma ESI`A jadinya bingung dia

    daerah gemuk tuch mana ya Kang?

    Comment by ario saja | August 29, 2008 | Reply

  32. parah banet ya ni operator layanan CDMA, perlu ada perbaikan, dan mudah mudahan FLEXI dengar ni keluhan🙂

    Amiinn

    Comment by kapanpun | August 30, 2008 | Reply

  33. Sayang banget ya cuma Flexy Home yang masuk di Daerah saya hiks

    huoo tinggal dipedalaman mana Kang Zal?😛 hayu atuh FLEXI berkunjung ke NIAS

    Comment by Nias Zalukhu | August 30, 2008 | Reply

  34. Suara hati “Ksatria Flexi”

    Coba saran ini dimasukin ke “KOTAK SARAN”nya flexi, mas ruly…

    Siapa tahu ada yang denger and mencatat untuk selanjutnya menindaklanjuti keluhan pengguna Flexi.
    Dimana-mana, tentunya produsen ini memberikan pelayanan terbaik untuk customernya…

    kotak sarannya di mana Teh? googling dulu deh.. yang komentar sebelumnya sepertinya ada manajemen FLEXI.. moga disampaikan. Makasih sarannya Teh.

    Comment by syelviapoe3 | August 30, 2008 | Reply

  35. saya juga sering ga puas dengan flexi.
    tapi entah kenapa saya sama sekali ga tertarik utk pindah ke operator lain.
    dibenak saya cuma gini “flexi yang dari telkom aja butut, apalagi dari provider lain”😀

    ikut ngakakkkk😛

    Comment by easy | August 30, 2008 | Reply

  36. bener bgt bro, biarpun inovatif, tapi kalo ngga nyaman untuk digunakan tetep aja pelanggannya ntar mikir

    setuju Kang, saya sering banget neh ‘mikir’

    Comment by Bayu Aditya | August 31, 2008 | Reply

  37. Wah kalo saya turut ber-simPATI dengan kejadian yang menimpa bung Rully heuheuheu…

    wakkk ga pake SIMPATI Kang,. pakenye FLEXI😛

    Comment by Ihwan | August 31, 2008 | Reply

  38. yup, emang mesti diperhatikan gimana caranya supaya pelanggan tuh tetap setia..

    soalnya menurutku klo udah setia (nyaman), harga biasanya dah ga begitu dipikirkan…

    terbukti dengan pelanggan setia SIMPATI dan AS yang klo dari segi harga masih sedikit lebih mahal

    Comment by dianapriany | September 1, 2008 | Reply

  39. wah betul juga tuh rull…sebenernya buat apa ya pada sibuk nurunin tarif…ataw sampe gratis gini…tp kualitas malah menuruh..sebenernya yg harus di jaga itu..bagaimana..pelanggan flexi yg ada skrg ituh tetap dijaga kesetiaannya, kalo rebut pelanggan banyak trus pas promo abis mereka pada beralih..ya sama aja, lagian emgnya TELKOM ga turun drastis pendapatan krn ngegratisin semuanya?? untuk iklan aja udah abis brp M…apa dana malah abis untuk promosi ini, tp pendapatan jadi Nol..eh bahkan minus barangkali….gak tau jg ye…

    _aku yang tidak pake flexi_

    hahahahaha

    lho lho lho lho… bukan pelanggan tapi keknya tau banyak gini tentang FLEXI.. “Apa ada main-main.. ”😛

    Comment by Riska | September 3, 2008 | Reply

  40. kepada manajemen flexy area siantar, tlg dong di ksh tau sama bagian aktifasi telkom flexy tebing tinggi,,jgn suka libur dhari kerja,, sy mau aktifasi flexi kok tidak bisa,, masak saya harus menunggu samapi dia masuk kerja ,,yang benar aja,,
    apa pegawai yang lain tdk bs mengimputnya,,

    pelanggan jd kecewa…

    trims

    boleh saya tau nama dan nomor kontak flexi area Siantar tsb Kang?
    tolong kirim lewat email ya ke bagja.patria@gmail.com
    semoga bisa ditindaklanjuti.
    Makasih..

    Comment by z o e l | November 6, 2008 | Reply

  41. Gmana flexy mau maju,, wong pegawai aktifasinya tukang liburan

    saya tunggu Kang emailnya..

    Comment by erwin | November 6, 2008 | Reply

  42. saya termasuk newbie dalam penggunaan flexi. Dan sekarang mencoba terbiasa dengan slogannya yang emang bukan telpon biasa. biasa gak nyambung, biasa nyasar (kalo pake 01017), biasa mailbox, biasa ribet kebanyakan laporan, biasa putus tiba-tiba.. dan kebiasan-kebiasaan aneh lainnya. hihihi tapi daku tetep setia dengan flexi (untuk saat ini). Entahlah nanti… mudah2an kita selalu diberi kesabaran. Ini semua memang cobaan. sori.. kepanjangan koment (kayake lagi sebel neh ama plexi..😆 )

    Comment by fisha17 | December 12, 2008 | Reply

  43. pemasukan yang positif.
    salam kenal..tukeran link yuk bro

    Comment by 19 widescreen | August 9, 2009 | Reply

  44. dulu sempet pake flexy, tapi karena banyak tmen yang protes mahal kalo dihubungi akhirnya pindah ke lain hati..

    Comment by anang nurcahyo | January 13, 2011 | Reply

  45. ayo flexy

    Comment by modified starch | February 21, 2011 | Reply

  46. I seriously enjoy what you post right here. Extremely insightful and intelligent. One concern though. I’m running Firefox with Debian and parts of your current page layout pieces are a little wonky. I realize it’s not a normal set up. But it’s something to hold in the mind. I wish that it will probably help and keep the finest quality writing.

    Comment by ixidalton\ | May 4, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: