Sesaat Sebelum Mati

Sebulan Lagi Aku Mati…

Untuk siapapun yang mengetahui keberadaan hidupku
Sebulan lagi aku mati
Maaf saat keapaadaan diriku belum cukup memuaskan kalian
Maaf ketika kelebihan yang kalian banggakan buat ku iri dan ingin menjatukan
Maaf tatkala bintik-bintik kecil di lidahku mengeluarkan bisa membunuh hati kalian
Maaf jika terlalu sering ku busungkan dada dan mempertontonkan kesombongan
Maaf bahkan ketika aku tak tahu sedikitpun tentang kalian
Hilangkan keburukanku dari ingatan kalian
Dan doakan aku
Sekali saja…

Untuk sahabatku…
Sebulan lagi aku mati
Lupakan marahku
Hapuskan dendamku
Ingat ceriaku
Dan temani aku sampai peristirahatan terakhirku
Sekali saja…

Untuk penjaga hatiku…
Sebulan lagi aku pergi
Ikhlaskan saat raga ini tak mampu lagi iringi cintaku padamu…
Jangan lupakan sedikitpun tentang aku
Cacatku, cemburuku, marahku
Jadikan tamparanku di pipimu sebagai benteng pelindung liciknya kehidupan
Jangan pernah berpaling dari Kekasihmu
atau aku akan mendatangi dan menamparmu sekali lagi…
Kau tahu aku di sini dan akan tetap di dalam sini
Sampai kau pergi
Dan menemuiku sekali lagi…

Untuk keluargaku..
Ayah dan ibuku…
Sebulan lagi aku tak di sini
Ampuni saat ku lebih mementingkan kesenangan daripada bercengkrama mendengar celotehmu menceritakan masa laluku
Ampuni ketika telingaku terbakar mendengar katamu membenarkan kesalahanku
Ampuni tatkala ku lebih nyaman menghabiskan waktu untuk egoku daripada berada dipelukanmu
Ampuni jika baru saat ini aku menyadari besarnya artimu pada hidupku
Ayah, Ibu…
Sebulan lagi aku tak di sini..
Restui aku
Sekali saja…


Untuk Tuhanku Yang Maha Hidup
Sebulan lagi aku kembali
Masih sempatkah ku memohon cintaMu?
Masih bisakah ku sempurnakan sembahku padaMu?
Masih tersisakah waktuku memperkenalkan diri dengan utusanMu?
Lindungi aku ya Rasul..
Meski tak pernah ku lindungi ajaranmu
Tuntunlah aku ya abdi Tuhan..
Meski tak jarang ku berjalan menjauhimu…
Ridhoi aku ya Allah
Saat sebulan lagi aku kembali..

(Ditulis bukan untuk mempermainkan kehidupan, melainkan sebagai pengingat akan kematian)

August 31, 2008 - Posted by | renungan, Uncategorized | , , , ,

63 Comments »

  1. andai ku tahu…..
    kapan tiba ajalku……
    ku akan memohon tuhan…….
    tolong panjangkan umurku….
    aq takut akan semua dosa2ku…..ampuni aq…

    mari raih kemenangan di bulan ramadhan ini…

    ya.. kemenangan yang sangat istimewa.. moga2 diberi kelancaran

    Comment by ma2nn_smile | August 31, 2008 | Reply

  2. hiks.. puisi yang menyentuh..

    jangan sia-siakan bulan ramadhan yang akan menjelang..

    setuju..karna belum tentu Ramadhan berikutnya kita masih bisa blogging kek gini kan..

    Comment by emfajar | August 31, 2008 | Reply

  3. sesungguhnya yg paling dekat dengan manusia adalah kematian….

    namun kita seringkali pura2 melupakan😦

    Comment by rani! | August 31, 2008 | Reply

  4. makasi ya dah mengingatkan saya akan kematian…🙂

    Sama2.. saya mengingatkan diri sendiri kok.. Alhamdulillah klo ada yg kebawa-bawa inget😀

    Comment by Myryani | August 31, 2008 | Reply

  5. motivasi hidup dari cermin kematian.. sip…

    yupz, hal yang sering terlupakan

    Comment by aRuL | August 31, 2008 | Reply

  6. aku manusia yg takut neraka tp aku juga tak pantas disurga!! jd kmn donk?
    sungguh tidak ada kepastian hidup ini🙂

    nyanyi dulu kitaaa😛

    Comment by luck13y | August 31, 2008 | Reply

  7. No comment
    uuuuuuuh hopeless banget! wake up wake up wake up…

    Jika semua harta adalah Racun, Zakat lah penawarnya
    Jika seluruh umur adalah Dosa
    Maka Taqwa dan Taubatlah penebusnya
    Jika seluruh bulan adalah Noda
    Ramadhanlah pensucinya

    Semoga semua aktifitas ramadhannya bernilai Ibadah….
    Selamat menjalankan ibadah Saum Ramadhan 1429 H.
    Mohon Maaf lahir bathin ya

    waduh,,waduh bukan hopeless Pakde..
    saya justru mengajak diri saya dengan mengandaikan
    apa yang harus saya lakukan jika sebulan lagi saya benar-benar ga ada…
    itu point yang ingin saya tonjolkan menjadi bahan renungan Pakde…
    maaf jika terdapat salah kata hingga menyebabkan salah persepsi
    Mohon maaf lahir bathin juga Pakde

    Comment by Pakde | August 31, 2008 | Reply

  8. motivate yourself!!
    live this life…😀

    satuju pisaann

    Comment by rorizki | August 31, 2008 | Reply

  9. HIKs…. kyaaaaaaaaa…. teganya kau tinggalkan aku… setelah segalanya yang terjadi.. aku ga rela… ga rela… GA RELA…..

    aku harus terus melangkah.. pergi.. maafkan aku.. (apa iniiii?!?!?!)

    Comment by Nias Zalukhu | August 31, 2008 | Reply

  10. wahhh.. ga ada yang tahu kapan ajal menjemput… siap-siap aja dengan bekal yang dibawa

    ya Kang Anang.. harus siap2 dari detik ini juga..

    Comment by Anang | August 31, 2008 | Reply

  11. waaaww.. nice posting.. jadi merenung saia.. hehehehe..
    salam kenal ya.. blog bagjapatria sudah ada di blogroll saia.. tukeran link yuuuk🙂

    blogroll updated

    Comment by anggavantyo | August 31, 2008 | Reply

  12. ajal merupakan sesuatu yang memang amat dirahasikan oleh Tuhan agar roh hamba2-Nya selalu siap dijemput kapan saja oleh Izrail. wew… kalau boleh saya tafsirkan lirik ini kan bisa juga bermakna mematikan nafsu selama bulan ramadhan toh, kang, hehehehe😀

    o’ o aku ketahuan… iya Kang… moga berkenan😀

    Comment by sawali tuhusetya | August 31, 2008 | Reply

  13. wah puitis banget tapi memang masalah mati itu sapa yang tahu ya???

    hanya Tuhan kang Noval, kita hanya bisa mempersiapkan diri…

    Comment by pencuri kode | August 31, 2008 | Reply

  14. Hanya anda dan Tuhan yang tahu, siapa anda,
    Hanya Tuhan yang tahu apakah benar anda akan mati beneran.
    kekeke saya gak bisa berpuisi dan bersastra.
    Maaf atas segala kesalahan saya.

    mohon maaf lahir bathin juga…
    saya cuman sekadar menumpahkan isi hati kok Kang😀

    Comment by masmintar | August 31, 2008 | Reply

  15. Kematian, begitu pula dengan kelahiran adalah proses kehidupan yg patut dirayakan!

    Sip.. perayaan yg butuh persiapan ya Kang Wendra

    Comment by wendra | August 31, 2008 | Reply

  16. Baru liat judul, waduhhh rada seremmm deh..
    Waduh kirain beneran ada seseorang yg divonis meninggal sebulan lagi, walaupun aku yakin seyakin2nya hanya Allah yan Maha Tahu😀

    waaa.. maafkan Teh klo gitu..
    tapi klo dengan takut mati jadi orang yang lebih baik kan bagus😀

    Comment by Rita | August 31, 2008 | Reply

  17. bener kata mbak rita, serem banget judulnya. puisi ini udah kayak surat perpisahan saja hahahah

    hm…😛

    Comment by uwiuw | September 1, 2008 | Reply

  18. jadi merinding…
    betapa kematian itu begitu dekat….

    moga bisa jadi renungan..

    Comment by dianapriany | September 1, 2008 | Reply

  19. kirain bakal bener2 mati..
    hebat banged tau kapan mati..
    ga taunya cuman puisi..
    tapi keren lho…

    mudah2an berguna..

    Comment by rizki | September 1, 2008 | Reply

  20. hiks… puisi mu….. begitu menyentuh….

    hanya media ‘penampar’ diri Di..

    Comment by diand | September 1, 2008 | Reply

  21. hidup dan mati hanya milik Allah..

    dan kita pun milik-NYa..

    Comment by easy | September 1, 2008 | Reply

  22. amin….. (loh koq amin)

    lho lho lho…

    Comment by deniar | September 1, 2008 | Reply

  23. Astagfirullahal ‘azhim.. Ampunilah dosa-dosaku Gusti Nu Agung..

    doakan saya juga Kang Iwan..

    Comment by Akang Dahsyat a.k.a Kang Iwan | September 1, 2008 | Reply

  24. subhanallaaaaahh….
    puisi atau perenungan yang menggugah hati🙂
    Slam Kenal

    salam kenal juga Teh..

    Comment by Ly | September 1, 2008 | Reply

  25. hidup emang cumen sebentar bos ,,, tau-tau besok udah tua aja ,,, yang penting banyak2 berbuat baik and ibadah deh🙂

    lagi diusahakan nih..😀

    Comment by Supermance | September 1, 2008 | Reply

  26. Lo kenapa rul? Kena kanker darah putih (atau apa namanya itu? leukimia??)

    Well setidaknya senang sempat mengenal dirimu😀

    kena penyakit TAKUT MATI… ayo mo siap2 bareng ga Git?

    Comment by sigit | September 1, 2008 | Reply

  27. Ya Allah, cukuplah Kau berikan pada kami kehidupan yang berkah, kuserahkan semuanya kepadaMu hidup dan matiku..

    Duulls, dosamu udah kumaafin semua yak, hik hik…

    *berpikir keras, siapa yg bakalan jaga warung pas lebaran entar!!* :p

    amiinn…. maapin ya.. Insya Allah jaga warung… demi nambah angpao lebaran😛

    Comment by abah | September 2, 2008 | Reply

  28. helow..
    cuma mo minta ijin. pasang link nya di daftar temans http://www.sharejunkies.com

    mangga Teh…

    Comment by easy | September 2, 2008 | Reply

  29. speechless… udah siap belum ya aku menjemput kematian?

    saya juga belum siap Teh… masih butuh banyak bekal

    Comment by kucingkeren | September 2, 2008 | Reply

  30. *tertohok*😮

    saya belum siyap…😦

    Selamat puasa yaaaa

    mohon maaf lahir bathin..

    Comment by chic | September 2, 2008 | Reply

  31. aa teh rubah theme ya?? thx udh pasang blogku di your blogroll

    ga dirubah kok..
    sama2…

    Comment by luck13y | September 2, 2008 | Reply

  32. jangan lupa pesan peti mayat bro.. hehehehehe…

    waduuhHh..

    Comment by thegands | September 2, 2008 | Reply

  33. wah…
    kata2 yg penuh makna,
    yg membuat kita teringat kembali akan jati diri kita sebenernya.
    ya semoga saja itu semua membuat kita tersadar sebelum semuanya terlambat dan akhirnya hanya akan menyesal..
    n_n

    siap2.. untung masih ketemu ma Ramadhan taun ini..
    jadi bisa ngerapel bekel yang mo dibawa nanti.. (mudah2an)

    Comment by amy | September 3, 2008 | Reply

  34. whuaa….pinter kali kau menulis rul…hehehe…mudah2an rully cepet nikah ya…trus ada patria junior yang buanyaakkkk..:D

    hihii… amin.. doakan moga2 kerajaan PATRIA nanti bisa bikin dunia ini lebih indah😀

    Comment by Riska | September 3, 2008 | Reply

  35. takut ah bacanya!

    wew😦

    Comment by senny | September 3, 2008 | Reply

  36. nice posting…verry nice….bkn aQ teringat ajal kelak…

    senang bisa mengingatkan

    Comment by sarahtidaksendiri | September 3, 2008 | Reply

  37. aduh gw teh pengen takut mati, tapi entah kenapa mungkin otak ini agak geser jadinya posisinya miring gitu…. gimana ya?

    ada yg mau bantu lurusin??😛

    Comment by sigit | September 3, 2008 | Reply

  38. wedew… tentang kematian lgi….. dr kmrn aq ktemu sma topik tntang kematian. g’ di skul, g’ di rmh, g’ di blog. Hah… moga2 aja aq g’ mati duluan, coz msh banyak dosa, masih pny utang puasa (hhee..ngku deh!), n’…pengen berbuat baik sma org2..

    bawaan puasa kali.. jadi pada inget mati😀

    Comment by tifandhaluhzan | September 3, 2008 | Reply

  39. Terlalu dalam,hehehe….

    abiz gali sumur Kang?😛

    Comment by Anggie | September 4, 2008 | Reply

  40. keren, dalem ngebuat Panda makin ngerasa kotor dihadapNya😦

    sama2 bersihin diri yuks…

    Comment by Panda | September 4, 2008 | Reply

  41. mmm..

    ??

    Comment by imanpotter | September 4, 2008 | Reply

  42. halah… jangan bikin merinding gini dooong…😦

    maafkan kalo begitu..🙂

    Comment by ichanx | September 5, 2008 | Reply

  43. kok nakutin bang?

    emang film horror?

    Comment by ceritasenja | September 5, 2008 | Reply

  44. rul daripada takut mati mendingan siap2in buat mati. Beda loh…

    oohh beda ya? maksud saya dengan takut mati kita jadi lebih mempersiapkan diri.. maafkan klo salah

    Comment by sigit | September 5, 2008 | Reply

  45. kapan kau (jadi) mati?

    hanya Tuhan yang tahu

    Comment by day... | September 5, 2008 | Reply

  46. salam kenal mas
    selamat menunaikan ibadah puasa
    tulisan yang sangat indah
    penuh kekaguman

    mohon maaf lahir bathin
    Salam kenal juga Kang Bambang😀

    Comment by timur matahari | September 5, 2008 | Reply

  47. setiap jiwa akan merasakan mati. mari kita cari bekal yang banyak buat kematian kita..

    saling mendoakan ya Kang…

    Comment by enggar | September 6, 2008 | Reply

  48. tapi sama juga sih sepertinya. hahahahahaha

    hidup ini siapa yang tahu?

    siapa tahu kita akan mati besok

    toh hidup ini hanya canda tawa dan senda gurau belaka

    so, why so serious?

    yupzz… nikmati hidup dan siapkan mati

    Comment by sigit | September 7, 2008 | Reply

  49. Postingan yang mencerahkan.
    Salam kenal mas …

    Salam kenal juga Kang Banyu

    Comment by BanNyu | September 8, 2008 | Reply

  50. “Ia (kematian) tak bisa dimajukan dan tak bisa diundur”

    hm…
    (ada apa, nih, mas rully ?)

    ga ada apa2 kok Teh

    Comment by syelviapoe3 | September 8, 2008 | Reply

  51. monologue keren!

    hatur nuhun Kang

    Comment by cantigi | September 11, 2008 | Reply

  52. andai kita tau kematian itu akan datang pasti bahagia…
    karena sesaat sebelum kita pergi kita bisa bilang sesuatu..
    tapi kematian itu dsatng tanpa ada yang tahu…
    tulisan kamu bikin aku berfikir kalau
    semua kehidupan pasti akan berakhir,kecuali sang PENCIPTA..

    mari kita buat Sang PENCIPTA bangga karena telah membuat kita hidup
    dengan memberikan kematian terindah..

    Comment by masalaluku | September 13, 2008 | Reply

  53. im afraid of death

    everyone does

    Comment by sandi | September 13, 2008 | Reply

  54. Umhh..Pemikiran yang sama juga tertuang di postingan sassie..
    *salaman dulu *

    salaman kitaaa

    Comment by Sassie Kirana | September 14, 2008 | Reply

  55. kematian adalah hal yang mutlak bagi makhluk hidup, jalani hidup untuk mempersiapkan kematian😉

    yupzz.. itu dia yang susssaahh n harus istiqomah🙂

    Comment by Isnuyasha | September 21, 2008 | Reply

  56. Ya, kadang kita lupa, kematian ialah hal terdekat dari diri kita. Tapi kita lalai akan kewajiban seharusnya di dunia ini.
    Kadang kita lupa, hidup di dunia tak selamanya. Tapi kita malas untuk beribadah pada Nya, padahal tidak akan memakan waktu berjam-jam.
    Kadang kita lupa. Banyak bermimpi untuk dunia, tapi lupa menyiapkan bekal di kehidupan sesudah mati.

    Rasul pernah berpesan, Persiapkan dunia seakan engkau hidup selamanya. Namun, persiapkan juga amalan untuk akhirat seakan engkau akan mati besok.
    Dalam lagu Bimbo:
    Pesan Rasul, jangan takut mati
    meski kau sembunyi,
    dia menghampiri.
    Takutlah pada kehidupan setelah kau mati.

    Teringat pesan dari secaraik kertas :
    Membaca Al-qur’an bisa ditunda,
    Shalat bisa ditunda,
    Sedekah bisa ditunda,
    Berbuat baik bisa ditunda,
    Tobat bisa ditunda,
    Tapi KEMATIAN TIDAK BISA DITUNDA,
    Jadi, mengapa menunda semuanya?

    Semoga, saat kita mati nanti, kita lepas dengan gembira oleh keluarga kita karena telah banyak bermanfaat. Semoga malaikat menyambut dengan hangat dan Allah senang akan kembalinya kita Pada Nya. Amin. Semoga bermanfaat.

    Comment by vina noviana | October 14, 2008 | Reply

  57. thx udah ngingetin🙂

    salam kenal too🙂

    Comment by Supermance | November 6, 2008 | Reply

  58. cukup 1kata bwt lu..bgousss!!!!mati emg ssuatu yang nyata tp jg maya ..good luck for you

    Comment by RYEDDDAI | November 28, 2008 | Reply

  59. Sumph puisi Lu bkin gw merinding….yah tp dengan adanya puisi lu,gw jd bisa sdkit berfqr dan merenungi smw it,,oy gw ad psen bwt Lu,jgn berhenti untk mmotifasi org lain

    Comment by dewi amourEE... | November 28, 2008 | Reply

  60. Bila tiba masaku
    Tolong bukakan pintu maafmu
    Sebab mungkin sempat kutorehkan biru

    Jangan lagi ada air mata penuh kedukaan
    Karena setiap yang hidup akan menemui penghabisan
    Iringi saja dengan kenangan penuh kebahagiaan

    Baringkan nanti di bawah pohon kamboja
    Hingga kau tak perlu lagi taburkan bunga
    Biar teduhnya redakan lara yang melanda

    Jikalau sempat …
    Do’akan agar bisa menjawab tanya malaikat
    Agar kedamaian surga kan ku dapat

    Bila tiba masaku
    Tuliskan pada nisan itu
    Bait-bait bijak tentang rindu

    Dengan keyakinan
    Kelak di nirwana
    Kita kan bertemu

    Comment by dheeasy | December 29, 2009 | Reply

  61. Mati merupakan nasihat kehidupan,, semua orang pasti akan mati,, sesungguhnya orang yang pintar adalah orang yang selalu menyiapkan bekal untuk menghadapi kematian

    Comment by Thomas | February 4, 2011 | Reply

  62. Kematian seseorang tidak ada orang yang mengetahuinya..

    Comment by Watch Caprica | March 16, 2011 | Reply

  63. Terima kasih gan, banyak yang harus saya benahi perbuatan, kata, dan hati yang tidak sempurna ini.
    Lirik lagu di atas sangat menyentuh hati..

    Comment by walidin | July 15, 2015 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: